Pengusaha Muda

Eleven Contoh Sikap Rela Berkorban Dalam Kehidupan Sehari

Namun masih banyak yang bingung, apa sebenarnya hukum qurban itu. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban dalam Islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat Muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Sebagai pelajar memang sudah semestinya belajar dengan tekun, agar cita-cita kita dapat tercapai dan dapat menharumkan nama bangsa Indonesia.

Sehingga bisa menjaga keutuhan NKRI, dimana ini menjadi kewajiban semua warga negara Indonesia. Artinya semua warga negara harus menjaga maupun melindungi NKRI dari berbagai macam hal yang mungkin bisa mengancam keutuhan NKRI. Namun, ada perbedaan pendapat yang disampaikan oleh ulama yakni kurban diperbolehkan bagi orang yang meninggal dunia meskipun tidak atau belum diberikan izin maupun wasiat dari almarhum. Sebab qurban dihitung perkeluarga atau untuk satu keluarga bukan perorangan. Walaupun dalam satu keluarga berjumlah lebih dari 100 orang tetap dibolehkan berkurban satu ekor kambing.

Berkorban untuk keluarga kita

Ini adalah pengamalan yang terkandung dalam sila ke empat. Seperti semboyan kita “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Persebaran budaya yang berbeda-beda namun tetap indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Ibu mampu menyembunyikan air mata perjuangannya agar anak-anaknya tidak mudah menyerah. Ibu juga kerap kali membangun anak-anaknya untuk berdoa ataupun ke gereja. Bahkan di tengah kelelahannya, pada waktu tengah malam, ia bangun untuk mendoakan anak-anaknya agar mimpinya dan cita-citanya tercapai. Ibu juga pribadi yang peduli dengan saudara-saudarinya yang kesusahan. Ia mengajarkan untuk selalu mencintai dan memberikan diri, membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Meski terkadang tubuh terasa lelah tetapi tetap diupayakannya untuk selalu membantu orang lain.

“Dahulu di masa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, SEORANG LELAKI berqurban dengan satu kambing yang disembelih untuk dirinya dan keluarganya. Mereka makan dan sembelihan tersebut dan memberi makan orang lain. Kemudian setelah itu orang-orang mulai berbangga-bangga sebagaimana engkau lihat” (HR. Tirmidzi no.1505, Ibnu Majah no. 3147, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah). Namun tidak dinukil riwayat bahwasanya beliau mempergilirkan qurban, kepada istri-istrinya dan anak-anaknya. Bahkan beliau menganggap qurban beliau sudah mencukupi seluruh keluarganya. Dalam uraian ceramahnya, khotib mengajak hadirin untuk meneladani kisah pengorbanan dalam hidup Nabi Ibrahim.

Ayah akan melakukan upaya apapun agar keluarganya bisa merasakan hidup nyaman. Ia bahkan rela hidup bersusah payah, asal anak dan istrinya bisa tetap bahagia. Usaha apapun, meski sulit, tetap akan diupayakan ayah demi keluarga. Karena niatku tulus ikhlas merelakan karierku demi menjaga anak dan tidak lagi merepotkan orang tua, rezeki datang dari arah tak terduga.

Beberapa kultur di Indonesia seperti Makassar dan Jawa memiliki ajaran ini dalam budayanya. Dalam berkurban, ada waktu yang sudah ditentukan yaitu pada hari raya Iedul adha dan tiga hari sesudahnya . Dalam kehidupan sehari-hari, sikap rela berkorban juga harus memperhatikan waktu. Karena boleh jadi, pengorbanan seseorang akan sia-sia atau justeru merusak dan merugikan. Pengorbanan itu harus diberikan kepada orang yang tepat dan waktu tepat. Upaya pendidikan nilai-nilai patriotisme dalam keluarga dapat dilakukan dengan pengenalan sikap kepahlawanan.

Seringkali, ayah harus tidur berdiri saat bergantian dengan ibu menunggui anaknya tidur. Ayah sering rela “menggigil” asal anaknya tidak mengalami hal yang sama. Seringkali, kata-kata gagal mengungkapkan betapa besar pengorbanan orangtua untuk anak-anaknya.

Karena lahir adalah anugerah, maka orang tua berhak melakukan apapun pada anaknya. Tapi mungkin kita lupa, bahwa tak ada anak yang diajak rembuk dan bersepakat tentang hidup. Sadari dan hargai semua hal yang dilakukan orangtua untuk Anda dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun.

Dengan begitu, kita tidak harus mencari maka akan datang menghampiri kita. “Semua dari kita bisa ambil bagian untuk menjadi pahlawan. Yang paling penting yang kita lakukan bermanfaat bagi orang lain maka kita bisa menjadi pahlawan bagi sesama,” kata Yuddy. Setelah melaksanakan Solat Idul Adha, Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wagub Farid Wadjdy menyerahkan hewan kurban berupa dua ekor sapi untuk Masjid Islamic Centre. Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua Sementara DPRD Daftar Togel Online Kaltim H Syahrun, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi, serta jajaran FKPD Kaltim dan SKPD lingkup Pemprov Kaltim. Kemhan juga berupaya memberikan perhatian kesejahteraan untuk seluruh keluarga yang ditinggal oleh prajurit awak kapal selam KRI nanggala-402, yang telah berkorban di medan tugas. Anggota keluarga yangtoxiccenderung jarang diminta pertanggungjawaban atas hal-hal yang mereka lakukan karena orang lain keburu segan atau malas berhadapan dengan mereka.