Bisnis Sukses

Faktor Kegagalan Bisnis, Apa Saja? Ini Kata Rhenald Kasali

Bukan tidak mengapresiasi atau demotivasi, karena setiap individu perlu memiliki “self regulation”. Baiklah, saya ajak Binusian untuk melihat ilustrasi mengenai mindset dari hasil studi Carol Dweck tentang anak-anak pandai yang berpotensi gagal dan anak-anak tak pandai yang berpotensi sukses. Kelompok pertama adalah anak-anak berprestasi tinggi dan sadar dikenal sebagai anak pandai di sekolah.

Terdapat “bias yang berpusat pada diri”, yakni ketika seseorang cenderung mengaku-aku kesuksesan private dan menghindari tanggung jawab atas kegagalannya. Ada juga yang dinamakan dengan unasumming bias, yakni tendensi untuk menjelaskan kesuksesan sebagai hasil dari faktor eksternal dan kegagalan sebagai kesalahan atau kelemahan private. Menurut hasil wawancara dengan subjek, secara keseluruhan kelima subjek berpendapat bahwa yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan seseorang adalah kesungguhan seseorang dalam meraih apa yang dia inginkan. Faktor kemalasan juga berpengaruh, karena jika orang malas meraih keinginannya kemungkinan dia akan mengalami kegagalan.

Sujarwo, anggota KT Harapan Mulya, mengalami puso di musim perdana. “Mungkin karena tanah di sawah saya sudah benar-benar rusak jadi perlu waktu untuk pemulihan,” ujarnya. Berkat kegigihan dan kedisplinan menjalankan prinsip yang disyaratkan dalam budidaya SRI Organik, di musim kedua Sujarwo bisa panen lebih dari four ton/ha dan 6 ton gabah kering di musim ketiga. Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi skilled. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Ini akan menyebabkan kita takut untuk melangkah lebih maju. Kesalahan akan selalu terjadi, namun itu tidak akan mengurangi nilai pada diri kita. Yang bisa kita lakukan adalah berdamai dengan diri sendiri. Artinya, kita harus bisa menerima kelemahan dalam diri dan percaya bahwa hal apapun yang terjadi tidak akan mengurangi nilai pada diri kita.

Namun, tanpa disadari kita juga sering mengutuk diri ketika belum memperoleh apa yang diinginkan. Pelabelan negatif seperti itu malah semakin melukai harga diri kita. Pelabelan seperti itu juga menggambarkan bahwa seringkali kita menyimpulkan suatu kegagalan sebagai suatu hal yang negatif. Membantu anak membangun karakter dan membuatnya jadi lebih berani. Membantu anak untuk belajar dari kesalahannya sehingga ia akan menjadi lebih baik di masa mendatang. Ketika ikhlas itu sudah dimiliki, berikutnya akan memudahkan pula mendapatkan hikmah dari kegagalan.

Elemen data ini dapat berada di antarmuka interaktif, laporan, atau file. Misalnya, sistem mungkin mengizinkan pengguna salah memasukkan kode space telepon yang tidak valid untuk negara bagian yang ditentukan dalam bidang alamat. Kegagalan juga sering dianggap sebagai ‘tembok’ penghambat kesuksesan atau batu sandungan yang harus dihindari. Bahkan, ada pula yang menganggap jika kegagalan sama sekali tidak memiliki sisi positif. Begini, sebenarnya kesuksesan seseorang itu tidak luput dari rencana yang akan mereka lakukan saat nantinya gagal.

Tahukah Anda peribahasa yang mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari buahnya? Kebanyakan orang yang mempunyai kecenderungan sebagai penjahat adalah akibat dari lingkungan yang buruk dan pergaulan yang kurang baik, terutama di masa kanak-kanak. Tentu saja ketika kita sudah ditanamkan nilai-nilai yang baik sejak kecil, belum tentu lingkungan pada masa dewasa tidak berpengaruh pada kepribadian seseorang.

Menurut dia, COVID-19 menjadi pandemi telah menyebar di hampir seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia, melainkan di negara mana pun. Bahkan pemilu/pilpres di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Iran diselenggarakan sesuai dengan jadwal. Akhirnya banyak yang usaha dengan menggunakan riba, mendirikan perusahaan maksiat , dan lain-lain.

Kegagalan

Ketika Anda mengalami kejatuhan, bukan berarti akhir dari sebuah perjalanan. Kegagalan harus disikapi secara positif, supaya Anda bisa lebih aktif mencapai setiap keinginan. Selalu lakukan evaluasi, dan belajar ketika Anda mengalami jatuh bangun. Cobalah untuk menghadapi keterpurukan dengan positif dan dengan hal-hal yang lebih baik.