Bisnis Sukses

Inilah Penyebab Kegagalan Berdasarkan Analisis Napoleon Hill

Kalian bisa mencari tahu pula, bagaimana cara orang yang gagal atau bangkrut untuk bangkit. Bisa melalui buku, web, atau bahkan rekanan kalian yang juga pebisnis. Dengan kegagalan pula, kalian jadi mengetahui hal apa yang baik atau buruk dilakukan jika itu berkaitan dengan bisnis atau hal lainya. Dengan begitu, kalian bisa mencari solusi atau menghindari lubang yang sama. Hal pertama yang bisa kalian dapatkan dari kegagalan adalah pengalaman.

Bukan hanya sekedar emblem, membuat cerita yang merepresentasikan bisnis perlu dilakukan untuk membangun merek dari bisnis rintisan. Perlu diperhatikan pemasaran pun diperlukan agar orang-orang mengetahui eksistensi perusahaan, karena tanpanya pelaku bisnis tidak akan dapat menjaring pelanggan. Seberapa banyak uang tunai yang diperoleh saat pendanaan tidak akan dapat memperbaiki atau menutupi kekurangan dalam pengalaman bisnis. Pendanaan yang besar tidak mencerminkan kesuksesan, karena setiap tahun ada banyak usaha dengan pendanaan yang lebih pun gagal. Pelaku usaha harus mampu mengukur pajak, tingkatan biaya tenaga kerja, dan biaya lain, sebelum menentukan harga jual dari layanan atau produk.

Dimana jika anda tidak berhasil dalam mengupayakan sesuatu yang anda kerjakan, itu berarti bahwa anda hanya sekadar tidak berhasil dalam upaya mengerjakan sesuatu tersebut. Sehingga itu tidak berarti bahwa anda adalah orang yang mengalami kegagalan. Untuk itu sebaiknya anda arus mengurangi bahkan berhenti untuk berfikir negatif terhadap apapun itu termasuk pada diri anda sendiri. Jangan berfikir bahwa anda gagal, bahwa anda tidak bisa, ataupun hal-hal lain yang buruk. Pribahasa menyebutkan, kegagalan adalah awal dari keberhasilan, quotes lain menyebutkan bahwa kegagalan bukanlah akhir, tapi berhenti untuk menghadapi kegagalan adalah orang yang tidak akan bisa sukses. Setiap kesuksesan seseorang dapat dilihat dari seberapa kuat dirinya menghadapi kegagalan.

Demi melindungi diri dan timnya, para pemimpin bisa saja tidak mengakui kesalahan yang telah mereka buat. Namun seharusnya ego ini bisa dikesampingkan untuk proses pembelajaran. Lalu bagaimana jika kesalahan tersebut dilakukan oleh karyawan kita?

Kegagalan

Untuk menjadi wirausaha yang sukses, seseorang harus memiliki ide atau visi usaha yang jelas serta kemauan dan keberanian untuk menghadapi resiko, baik waktu maupun uang. Apabila ada kesiapan dalam menghadapi resiko, langkah berikutnya adalah membuat perencanaan dan langsung terjun ke lapangan mempraktekannya. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil. Ego is the Enemy, ego yang dimiliki manusia adalah musuh terbesar.

Kelambanan tindakan dan aturan sepertinya berangkat dari pemahaman dan sikap remeh terhadap penyebaran wabah ini. Hukum selalu kalah cepat dari masalah empiris yang berkembang di tengah masyarakat. Penyebaran virus corona memang melebihi kecepatan pemerintah untuk menanggulangi apalagi mencegahnya. Saya sepakat bahwa pujian itu penting, tetapi hidup dalam pujian juga bisa bahaya. Maksud saya, apapun bentuk pencapaian adalah sesuatu yang patut dibanggakan, penting untuk dihargai. Tetapi, jangan mudah puas dengan prestasi gemilang kalau tidak didukung dengan pembentukan mindset berkembang.

Diharapkan RAB dibuat dan direncanakan dengan matang sesuai dengan kebutuhan usaha, karena merupakan salah satu objek penilaian. Kukuh Wasyono, Ketua Kelompok Tani Padi Organik Harapan, Kecamatan Kalaena, sempat hampir menyerah karena terus-terusan dicemooh teman-temannya dan nyaris putus asa karena padinya tak kunjung tumbuh. Sepanjang musim tanam, banyak cemooh yang kami dapat dari teman-teman petani lainnya. Umur padi 15 hari, saya nyaris putus asa karena saya melihat sawah di kanan-kiri sudah rimbun sementara sawah saya cuma rumput yang kelihatan,” kata Kukuh. Setiap kali melakukan penyiangan gulma, Kukuh mendapat olok-olok, “Gasrok terus! Dia sudah rela jika ternyata di akhir musim tanam mengalami kegagalan whole, sementara teman-temannya menikmati pesta panen.